7 Tanda Anda Terkena Kanker Payudara yang Wajib Dideteksi Dini

7 Tanda Anda Terkena Kanker Payudara yang Wajib Dideteksi Dini

Selain faktor genetik, orang yang melakukan pola hidup tidak sehat memiliki peluang terkena kanker yang lebih tinggi. Penting sekali untuk mengetahui benjolan di payudara merupakan indikasi kanker payudara atau jenis tumor jinak yang tidak berbahaya. Deteksi dini bisa membantu Anda melakukan pencegahan kanker payudara yang semakin parah alias masuk kanker stadium lanjut.

Ciri Kanker Payudara Tahap Awal yang Wajib Anda Ketahui

Bila Anda masih awam dengan gejala awal kanker payudara, sebaiknya ketahui ciri-ciri kanker payudara tahap awal berikut :

1.                 Perubahan pada tekstur kulit payudara

Coba lihat diri Anda tanpa memakai bra di cermin untuk mengetahui adanya perubahan bentuk pada payudara. Biasanya gejala kanker awal bisa terlihat pada perubahan tekstur  kulit akibat peradangan sel kulit payudara, misalnya kulit berubah kering, bersisik, menebal, dan terasa gatal.

2.                 Adanya cairan dari puting

Anda harus segera curiga bila terdapat cairan yang keluar dari puting payudara sebab bisa menjadi indikasi awal kanker payudara. Meskipun demikian, cairan yang keluar dari puting bisa disebabkan oleh hal lain seperti efek pil KB atau obat-obatan tertentu. Anda harus mewaspadai bila cairan berwarna putih keruh, kuning hingga kemerahan.

3.                 Adanya lesung pipit di payudara

Lesung pipit di payudara bisa disebabkan penumpukan cairan getah bening sehingga kulit payudara menjadi bengkak atau berlubang. Segera lakukan pemeriksaan pada dokter untuk mengetahui diagnosis dan penanganan yang tepat.

4.                 Payudara menjadi bengkak

Benjolan di payudara harus menjadi perhatian Anda bila terasa sakit saat disentuh. Pembengkakan bisa terjadi karena sel kanker telah berkembang semakin pesat ke seluruh bagian payudara, termasuk ke bagian ketiak. Pembengkakan kelenjar getah bening akan membuat jaringan sistem kekebalan tubuh Anda mengalami penurunan hingga mudah sakit.

5.                 Puting susu tenggelam

Puting susu tenggelam bisa menjadi tanda Anda mengalami kanker payudara, kecuali terjadi pada periode menstruasi yang normal. Puting susu bisa saja mengalami perubahan bentuk dan ukuran hingga mengeluarkan cairan yang mirip nanah.

Selalu perhatikan kesehatan diri Anda demi menghindari risiko buruk terkena kanker payudara yang menjadi salah satu pembunuh wanita nomor satu. Anda juga harus tahu bahwa kanker payudara bisa juga melanda kaum pria meskipun dengan prosentase cukup kecil.

Bila Anda menemukan tanda-tanda mengarah pada kanker payudara, sebaiknya segera melakukan pemeriksaan ke dokter terdekat. Benjolan di payudara yang terasa sakit dan nyeri merupakan tanda vital yang tidak boleh Anda abaikan. Kanker payudara bisa disembuhkan bila masih berada tahap awal sebab sel kanker akan semakin ganas bila sudah mencapai stadium lanjut. Apalagi Anda yang memiliki riwayat genetik kanker payudara dalam keluarga, lakukan pemeriksaan berkala demi mendeteksi dini keberadaan sel kanker ganas ini, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pilihan Harga Conblock Murah Previous post Pilihan Harga Conblock Murah